MODEL MULTIPLE INTELLIGENCES
DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN
DI KELAS V SEKOLAH DASAR
ABSTRAK
Indra Rakhman
0604207
Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang permasalahan yang dihadapi siswa kelas lima SD Negeri Jatisari III dalam pembelajaran membaca, di mana siswa mengalami kesulitan dalam menangkap isi bacaan pada sebuah wacana, walaupun telah dibaca berulang-ulang. Masalah ini disebabkan teknik membaca siswa yang belum baik, kondisi siswa yang tidak memiliki ketertarikan terhadap suatu bacaan, kondisi bacaan yang memang belum sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa, dan situasi lingkungan yang kurang mendukung terhadap konsentrasi siswa dalam membaca. Dari gambaran di atas, maka penulis melakukan pembelajaran dengan model multiple intelligences yang bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Model multiple intelligences ini meyakini bahwa setiap anak memiliki multiple intelligences (ragam kecerdasan), sehingga perlu adanya sarana yang dapat memberikan motivasi siswa untuk menggunakan kelebihan dan kecerdasan yang dimilikinya. Hal ini terkait dengan kegiatan membaca yang melibatkan semua proses mental yang lebih tinggi, seperti ingatan, pemikiran, daya khayal, pengaturan, penerapan, dan pemecahan masalah (Iskandarwassid dan Sunendar, 2008: 246). Metode yang dilakukan penulis untuk melaksanakan penelitian ini adalah dengan metode classroom action research atau lebih dikenal dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu kepada tindakan guru ketika melaksanakan pembelajaran sebagai upaya untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas lima SD Negeri Jatisari III dengan metode multiple intelligences berdasarkan data yang diperoleh dari hasil belajar, nilai rata-rata yang diperoleh yaitu pada siklus I nilai yang diperoleh siswa sebesar 72,33%, siklus II sebesar 78,99% dan pada siklus III adalah sebesar 87,99%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca pemahaman dengan menggunakan model multiple intelligences dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu penulis merekomendasikan metode multiple intelligences kepada para guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam membaca pemahaman.
Oleh: Indra Rakhman, S.Pd.
[Rakhman, Indra (2010) Model Multiple Intelligences dalam Pembelajaran membaca Pemahaman di Kelas V Sekolah Dasar: Bandung. SKRIPSI Tidak Diterbitkan]
[Rakhman, Indra (2010) Model Multiple Intelligences dalam Pembelajaran membaca Pemahaman di Kelas V Sekolah Dasar: Bandung. SKRIPSI Tidak Diterbitkan]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda, terima kasih...