Sabtu, 11 Februari 2012

2.865 Guru Ikuti Tes Sertifikasi

10/02/2012
Sebanyak 2.856 guru di Kabupaten Garut bersiap mengikuti uji kompetensi sebagai syarat sertifikasi 2012. Setelah dinyatakan lulus, para guru yang terdiri dari guru TK hingga ke tingkat SMA ini akan mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG).
“Para guru yang sudah memenuhi persyaratan administrasi ini akan mengikuti tes awal. Intinya untuk menguji dulu,” kata Kepala Bidang Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau (PMPTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Mahdar kepada SINDO,kemarin. Pelaksanaan tes awal ini dijadwalkan berlangsung pada 25 Februari mendatang.Pelaksanaan tes diselenggarakan di beberapa titik, yakni SMAN 1 Garut, SMAN 6 Garut, SMK 3 Garut,SMPN 1 Tarogong Kidul, dan SMPN 2 Tarogong Kidul.
“Materi yang akan diujikan meliputi standar kompetensi, kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesionalisme guru. Jadi, saya harap para calon peserta uji kompetensi mempersiapkan materi yang akan diujikan,”ujarnya. Setelah dinyatakan lulus pada tes itu, para guru asal Garut ini baru bisa mengikuti PLPG di dua rayon Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK), yakni di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Siliwangi (Unsil).
“Diklatnya bukan hanya diikuti para guru dari Garut,tapi juga dari Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Banjar. Menurut Informasi, pelaksanaan PLPG dilakukan pada Maret ,”ujarnya. Dia menyebutkan, secara keseluruhan,jumlah guru di Kabupaten Garut yang telah memiliki sertifikasi berjumlah 5.732 guru.
Sementara sisanya akan menyusul bila seluruh persyaratan administrasi semisal usia dan masa kerja terpenuhi. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Elka Nurhakimah mengatakan, pelaksanaan sertifikasi ini sangat memengaruhi tingkat kesejahteraan para guru. Dia berharap para guru yang akan mengikuti tes dapat dinyatakan lulus seluruhnya. fani ferdiansyah,Seputar Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, terima kasih...